Kamis, 25 Februari 2010

Honda 3R-C


Makin sesaknya lalu lintas kota dan kian sempitnya lahan parkir menyebabkan para desainer dan produsen mobil tambah tertarik dengan kendaraan kecil. Salah satunya adalah Honda Motor. Untuk itu, pada Pameran Mobil Geneva yang akan diselenggarakan dari 4 sampai 14 Maret mendatang, Honda akan menampilkan salah satu kendaraan konsep masa depan yang sekaligus dijadikan jagoan di arena itu, yaitu 3R-C bertenaga listrik.
Honda menilai konsep baru ini cukup radikal. Pasalnya, kendaraan kecil mirip sepeda motor roda tiga ini—dua di depan dan satu belakang—menggunakan setir seperti mobil. Karena itu pula, 3R-C disebut sebagai komuter kota minimalis tanpa emisi.
Kendati belum menjelaskan dimensinya, tetapi dengan postur minimalis, kendaraan dinilai mampu bergerak atau melakukan manuver secara lincah di tengah lalu lintas kota yang padat. Di samping itu, juga lebih mudah diparkir. Tingkat kenyamanan dan keamanannya pun jauh lebih baik ketimbang naik sepeda motor. Pasalnya, bodi dan pintu ikut melindungi pengendaranya.
Penampilan kendaraan cukup menarik. Motor roda tiga yang ekspresif dan hanya bisa dinaiki oleh pengendaranya (tak ada boncengan). Ciri khas lain dari 3R-C, yaitu dilengkapi dengan kanopi yang menutup jok atau interior ketika kendaraan diparkir atau tidak dipakai.
Begitu dijalankan, kanopi akan berfungsi sebagai tameng atau pelindung depan (windshield) yang melindungi pengendaranya dengan posisi duduk lebih rendah. Tambahan lain, di bagian depan disediakan tempat menyimpan barang yang bisa dikunci.
Menurut Honda, kendaraan konsep terbarunya ini merupakan hasil rancangan para desainer Eropa yang bekerja untuk Riset dan Desain Honda di Milan Italia.
Sumber: http://otomotif.kompas.com/read/xml/2010/02/25/06132171/honda.3r-c.komuter.minimalis.buat.perkotaan

0 komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *