Selasa, 27 Maret 2012

Perawatan Transmisi Otomatis

Kendaraan dengan transmisi otomatis memang lebih nyaman untuk digunakan di kota-kota besar sekarang ini karena sangat rawan dengan kemacetan.

Namun, mungkin masih banyak pemilik kendaraan otomatis yang belum mengetahui bagaimana perawatan. Kali ini saya mau berbagi tips cara perawatan transmisi otomatis kendaraan anda, terutama pada masalah jadwal pergantian oli transmisi. Tips ini saya dapatkan dari otomotifnet.

Menurut Eddie dari Boss Matic di area Karang Tengah, Ciledug, sebenarnya pergantian oli transmisi otomatis tidak perlu menuruti dari buku manual kendaraan anda karena ada “engine working hours” yang disebabkan macet yang sering kita hadapi di jalanan.

Menurutnya sebaiknya gantilah oli transmisi kendaraan untuk mobil-mobil Jepang setiap 10.000 km. Sedangkan kalau mobil Eropa yang pakai oli long life sekitar 40.000 km. Jadi jangan salah kaprah dengan menggunakan tipe oli long life time bukan berarti tidak perlu ganti oli. Biasanya oli long life time digunakan pada kendaraan Eropa seperti BMW, Audi, dan VW.

Namun untuk kendaraan asal Jepang biasanya diganti setiap 20.000 km, namun karena banyaknya kemacetan di jalanan, sebaiknya diganti setiap 10.000 km.

Semoga bermanfaat ^_^

Selasa, 06 Maret 2012

Produk Ford yang Siap Masuk Indonesia Tahun Ini

Memasuki tahun 2012 ini, PT Ford Motor Indonesia siap untuk meluncurkan produk terbaru mereka untuk bersaing kembali di pasaran otomotif Indonesia. Terdapat tiga jenis produk baru dari Ford yang disiapkan untuk pasar Indonesia pada tahun 2012 ini, yaitu All-New Focus, All-New Ranger, dan Ecosport.

Dari ketiga produk tersebut yang paling baru adalah Ford Ecosport yang berjenis MPV dan nantinya akan bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, serta Nissan Juke.

All New Focus (sumber: repubika.co.id)
Ford Ecosport ini akan dibekali mesin 3 silinder 1.0-liter. Walaupun memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil dari para pesaingnya yang sudah lebih dulu hadir namun mesin Ford Ecosport mampu menghasilkan tenaga 120 PS yang berarti lebih besar dibanding Rush-Terios dan Juke yang masing-masing memiliki 107 PS dan 113 PS. Tenaga yang lebih besar itu diperoleh karena adanya turbocharger.

Ford Ecosport (sumber:automotiveworldinfo.com)
Ecosport sebelumnya sudah diperkenalkan di Auto Expo 2012, di New Delhi, India. Di India, mobil Ford ini dipasarkan dengan harga 8 lakh rupee atau sekitar Rp 138,05 juta. Untuk di Indonesia pihak Ford Motor Indonesia belum bisa memprediksi harganya dan jadwal peluncurannya.

All New Ranger (sumber: langitberita.com)
Selain ketiga model Ford yang saya sebutkan di atas, pihak Ford Motor Indonesia juga masih mempersiapkan satu model mobil untuk dapat bersaing di kelas sedan seperti Toyota Vios, Honda City, dan Mazda 2 sedan, yaitu Ford Fiesta Sedan.

Contact us

Nama

Email *

Pesan *