Selasa, 27 Maret 2012

Perawatan Transmisi Otomatis

Kendaraan dengan transmisi otomatis memang lebih nyaman untuk digunakan di kota-kota besar sekarang ini karena sangat rawan dengan kemacetan.

Namun, mungkin masih banyak pemilik kendaraan otomatis yang belum mengetahui bagaimana perawatan. Kali ini saya mau berbagi tips cara perawatan transmisi otomatis kendaraan anda, terutama pada masalah jadwal pergantian oli transmisi. Tips ini saya dapatkan dari otomotifnet.

Menurut Eddie dari Boss Matic di area Karang Tengah, Ciledug, sebenarnya pergantian oli transmisi otomatis tidak perlu menuruti dari buku manual kendaraan anda karena ada “engine working hours” yang disebabkan macet yang sering kita hadapi di jalanan.

Menurutnya sebaiknya gantilah oli transmisi kendaraan untuk mobil-mobil Jepang setiap 10.000 km. Sedangkan kalau mobil Eropa yang pakai oli long life sekitar 40.000 km. Jadi jangan salah kaprah dengan menggunakan tipe oli long life time bukan berarti tidak perlu ganti oli. Biasanya oli long life time digunakan pada kendaraan Eropa seperti BMW, Audi, dan VW.

Namun untuk kendaraan asal Jepang biasanya diganti setiap 20.000 km, namun karena banyaknya kemacetan di jalanan, sebaiknya diganti setiap 10.000 km.

Semoga bermanfaat ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar